Friday, August 29, 2008

JAKARTA 32° C





PENDAHULUAN


Project JAkARtA 32c adalah sebuah project seni yang bertujuan sebagai forum pertemuan antar mahasiswa di Jakarta dan untuk menampilkan karya-karya visual terbaru mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta kepada khalayak luas. Project tahun ini adalah untuk yang ketiga kalinya, sejak diselenggarakan eprtama kali pada tahun genap sejak tahun 2004, dengan mengadakan road show. Program dalam project tahun ini meliputi: pameran, pemutaran film dan video, workshop, diskusi, dan pemberian penghargaan untuk 5 karya terbaik.
Berbeda dari 2 kali penyelenggaraan sebelumnya, kali ini panitia membuat tema khusus pada project JAKARTA 32C -2008, yaitu karya-karya bertemakan situasi sehari-hari, yang berhubungan dengan permasalahan social dan budaya, juga interaksi dengan lingkungan dan masyarakat sekitar, khususnya kota Jakarta sekarang. Melalui tema khusus ini, diharapkan mahasiswa berani menyatakan pendapatnya, memberikan kritik, menawarkan gagasan-gagasan segar ataupun membicarakan permasalahan social budaya sehari-hari yang dekat dengan lingkungannya, melalui karya visual dari sudut pandang personal anak muda.
Dalam pameran yang ketiga tahun ini jumlah karya yang masuk adalah 173 karya, oleh mahasiswa yang berasal dari 16 perguruan tinggi di Jakarta. Dan karya yang lolos seleksi adalah 40 karya yang terdiri dari lukisan, patung, fotografi, desain grafis, grafis murni, instalasi dan video. Dalam karya-karya tersebut, identitas merupakan tema yang paling banyak diangkat. Tema ini selalu menarik untuk dibahas dlaam sebuah karya dans eakan tidak akan pernah ada habisnya. Baik mencakup masalah identitas personal maupun identitas kelompok.
Hanya ada 2 karya yang mengangkat tema sejarah dan semua berupa karya video mengenai tokoh musik dalam sejarah. Padahal berbicara sejarah sangat banyak hal menarik di Jakarta yang dapat dijadikan ide untuk membuat sebuah karya.
Beberapa karya membicarakan tenatng rung dengan menggunakan media ruang itu sendiri. Semua tema ini kemudian menjadi saling terkait terutama dengan budaya massa. Sebuah subkultur yang sudah ada lama di Jakarta dan kini semakin bermunculan di tengah aktivitas kota Jakarta. Salah satunya dalah kelompok seni rupa yang lahir di wilayah kampus. Juga dengan munculnya seniman street art seni rupa kini menjadi tidak terlalu eksklusif terutama ketika sebuah karya seni diproduksi secara massal dan diletakkan di ruang publik.
Dalam pameran ini terdapat 8 seniman muda ibukota yang turut serta dalam presentasi khusus. Percepatan arus komunikasi dan kemajuan teknologi telah menciptakan terciptanya kultur global dan dengan didukung oleh kemajuan teknologi, sebuah karya dapat diperbanyak. Terjadi eprubahan pola pikir yang mempengaruhi proses dalam pembuatan karya, pencarian ide, maupun cara penyampain karya. Masyarakat adalah produk dari suatu zaman yang selalu beradaptasi mengikuti habitatnya.






Kemala Putri
All U Need is Laugh , 2008
Cat Air diatas kertas

Artoxic comment :
menurut kami ide pesan yang mau disampaikan sangat menarik. Gambar-gambar yang dibuat juga cukup baik, serta komposisi gambar dan tulisan yang dibuat menarik. Namun kami merasa akan lebih baik jika teknik yang dipakai adalah fotografi, ekspresi tiap-tiap orang akan lebih terlihat lebih jelas lagi dan perasaan yang dikeluarkan akan langsung terasa oleh kita yang melihatnya.



Matahari Mahadika
Tatapan Penghargaan , 2008
Fotografi

Artoxic comment :
Menurut kami ekspresi yang dikeluarkan anak dalam gambar ini cukup menunjukan seseorang yang sedang terpana melihat sesuatu, mungkin anak ini sedang mengagumi sesuatu yang dilihatnya, mungkin juga karna itulah sang fotografernya memberi judul "Tatapan Penghargaan". Kami juga setuju dengan si pembuat foto, namun.. kami merasa akankah lebih baik jika foto ini dibuat dalam hitam putih? itu semua kembali lagi kepada selera masing-masing pendapat..





Anastasia Cynthia ( Komunitas Ilustrator " MAROS" )
Dolanan, 2007
Akrilik diatas kanvas
50 x 60 cm

Artoxic comment :
Menurut kami sebagai Artoxic, Anastasia Cynthia empunya lukisan ini mempunyai bakat yang baik dalam menuangkan idenya dalam bentuk ilustrasi ini. kami merasa ini adalah karya seni yang baik, kami mengatakan itu karena ide dalam lukisan ini mempunyai nilai yang baik serta warna yang dipakai juga terasa cocok di lukisan ini.


Muhammad Yakub
Tools Toys , 2008
Objek

Artoxic comment :
Menurut kami, Muhammad Yakub mempunyai ide yang brilian karena ia mempunyai ide bahwa alat-alat pertukangan sepeti bor, gergaji, dan paku yang seharusnya kita mesti berhati-hati dengan barang tersebut, namun dalam gambar tersebut alat-alat ini dijadikan mainan sehingga kita tidak harus takut lagi dengan barang-barang tersebut.

Mellowdramamagenta
Oleh - oleh Buat Orang Tua , 2008
Instalasi Interaktif`

Artoxic comment :
Menurut kami gambar ini cukup baik secara spiritual, kami mengatakan hal itu karena setiap orang tua akan bangga jika anaknya foto dengan baju wisuda dan membawa toga yang berarti sudah lulus dari mahasiswa dan menjadi seseorang yang bertitle (mempunyai gelat). namun kami merasa secara visual kurang baik karena foto ini hanya menggunakan latar belakang yang terlalu kaku dan tidak interaktif. akan lebih baik jika foto setelah wisuda dapat dilakukan di tempat yang lebih baik daripada studio pas foto yang biasa dilakukan. kami memberi contoh misalnya dilakukan di outdoor atau di dalam ruangan yang mempunyai lighting yang baik, paling tidak foto setelah wisuda tersebut mempunyai backround yang tidak kaku sehingga foto lebih terlihat lebiih baik.




Andike Widyaningrum
Blooming Tears, 2008
Akrilik diatas mika
90 x 60 cm

Artoxic comment :
Menurut kami "Blooming Tears" mempunyai nilai seni yang baik, dapat dilihat dari teknik aklirik yang baik. warna-warna yang dipakai juga terasa cocok dengan judul. Maka kami mengatakan Andike ini mempunya bakat seni yang baik.


Antik Production
Pelan tapi pasti, 2008
Video Musik
3.38 menit

Artoxic comment :
Menurut kami video ini mempunyai teknik yang baik serta ide yang menarik. kami hanya bisa mengatakan bahwa ini adalah video yang baik.



Arief Widiarso
Wolf is mine , 2008
Akrilik, benang diatas kanvas
200 x 100 cm

Artoxic comment :
Menurut kami lukisan ini mempunyai ide yang menarik dapat dilihat dari pencampuran media yang tidak biasa. ikatan pada tubuh dalam gambar, benar-benar menggunakan benang asli.



Aditya Fachrical Hafiz " Godit "
Bermain , 2008
Fotografi

Artoxic comment :
Menurut kami foto ini mempunyai nilai yang baik hal itu disebabkan dari komposisinya yang baik pula serta kontras warnanya yang enak dilihat. namun kami merasa kurang sepadan dengan judul yang dipasang. tapi tetap saja ini adalah foto yang baik.


Aditya Fachrical Hafiz " Godit "
24 Jam , 2008
Fotografi

Artoxic comment :
Menurut kami pesan yang mau disampaikan "Godit" cukup menarik. kami menangkap bahwa para pemuda tersebut tidak pernah tidur, kehidupan berkeliaran di malam hari adalah kesenangannya, benar-benar menunjukan gaya hidup anak jalanan. namun kami merasa fot yang dibuat kurang begitu baik, seharusnya bagian dalammini market tersebut tidak harus diperlihatkan.


Christine Franciska
Lost Boy , 2008
Video
5.45 menit



Carterpaper
Resign System , 2008
Stiker , Plank , Foto dan Video Dokumentasi

Artoxic comment :
Menurut kami ini adalah ide yang menarik, sign system seharusnya dibuat lebih menarik dan atraktif. Entah dari segi warna maupun gambar.


Syaiful Ardianto
Sekte Penyembah Botol , 2008
Cetak Saring , cetak lino diatas kertas



Tressia Azella
Odong - Odong Hidupku , 2008
Video
14 menit

Artoxic comment :
Menurut kami video ini memberi kita pengalaman bagaimana kehidupan seorang pembawa odong-odong yang mungkin kita tidak akan pernah mau tahu bagaimana kehidupan mereka. kami pernah juga menjumpai beberapa pembawa odong-odong, seringkali mereka berada di tempat-tempat kumuh untuk mengibur beberapa anak pemulung sampah. Hanya bermodalkan tenaga dan kaset yang sudah terlihat kusam dan lama mereka masih mau menghibur.




I Gede Adhi Purwata ( Komunitas Kampung Segart )
Sekarang Semua Terlihat Sama , 2008
Cetak Digital

Artoxic comment :
Menurut kami ide yang mau disampaikan menarik, namun menurut kami detil barangnya kuran terlalu jelas.


Kalvin Aditya ( Komunitas Kampung Segart )
Idola Baru Indonesia , 2008
Cetak Digital

Artoxic comment :
Menurut kami poster ini bermaksud menyindir negara kita Indonesia. idola yang seharusnya gatot kaca, si pitung, wayang.. semua tak tampak dalam poster ini. semua dalam poster ini adalah budaya-budaya asing yang banyak bangsa kita mengidolakannya.Budaya-budaya lokal sudah tidak diprhatikan lagi dan lambat laun terancam hilang. lalu.. dimana letak keindonesiaan kita dan siapa kita..??


Muhamad Andi Gunawan ( Komunitas Kampung Segart )
Efek Televisi , 2008
Cetak Digital

Artoxic comment :
Menurut kami poster ini menyadarkan kita seberapa besar pengaruh televisi dalam kehidupan kita. pesan dalam poster ini cukup menarik dengan gaya-gaya khas dari "komunitas kampung Segart"


Anastasia Cynhia ( Komunitas Kampung " Maros " )
Pildacil , 2008
Instalasi Patung

Artoxic comment :
Menurut kami teknik yang dipakai cukup menarik sehingga kita dapat langsung melihatnya secara asli dan warna-warna yang dipakai juga menarik sehingga langsung terlihat.

Rizki Kurniawan ( Komunitas Kampung Segart )
Jauh Mimpiku , 2008
Cetak Digital

Artoxic comment :
Menurut kami poster ini baik, karena benar-benar menunjukan bagaiman mencapai sebuah mimpi yang jauh. Dilihat dari upaya orang dalam gambar yang menumpuk banyak barang emi mencapai sesuatu yang ingin ia raih, namun tetap saja belum tercapai.

Dias dan Said
Custom Cotton , 2008
Kaos , Jemuran , Instalasi

Artoxic comment :
Ketika pertama kali kami melihat benda ini kami terdiam sejenak. kami berpikir apakah kami dapat membelinya..? desain-desain dalam kain ini sangat menarik dan menurut kami keren.


Dini Ariani Putri ( Komunitas Kampung Segart )
Bla.. Bla.. Bla.. , 2008
Cetak Digital

Artoxic comment :
Menurut kami kesan yang didapat pertama kali melihatnya adalah suara bising percakapan beberapa orang yang sedang mengobrol. "Bla.. Bla.. Bla.." adalah judul yang tepat untuk gambar ini.



I Gede Adhi Purwata ( Komunitas KAmpung Segard )
5 Tokens To Get It , 2008
Cetak Digital

Artoxic comment :
Menurut kami isi pesan yang mau disampaikan adalah bgaimana usaha seorang militerawan yang berusaha mendapatkan sesuatu yang ia idamkan atau impikan.

Titikoma
Taman Ria , 2008
Video
39 menit



Widyamukti Waskito ( Komunitas Iustrator " Maros " )
Mangkal , 2008
Kolase Kertas

Artoxic comment :
Menurut kami komposisi warna yang dibuat cukup baik dan menarik, namun kami belum menerti apa maksud judul dalam gambar ini.


Suneo
Beatlemania ( 1962 - 2008 ) , 2008
Video
16 menit

Tigersprong 3
Benyamin S, : Muke Gile...! , 2008
Video
15 menit

Artoxic comment :
Benyamin adalah sosok yang bisa dibilang legenda dalam Indonesia, Beliau adalah salah satu aktor dan penyanyi yang digemari oleh banyak orang. Almarhum Benyamin juga dapat dibilang sebagai ikon orang Betawi.

Rahmadiah Puput Novrentia ( Komunitas Ilustrator " Maros " )
Trayek , 2007
Akrilik diatas kertas

Artoxic comment :
Menurut kami warna dalam poster ini sangat baik dan komposisi dalam segi warna dan bentuk pun menarik. Ini adalah salah satu karya seni favorit kami.


Reynanto Akhmad Aditya ( Komunitas Ilustrator " Maros " )
Trolley , 2008
Akrilik Diatas tripleks

Artoxic comment :
Gambar ini sangat mempunyai nilai seni baik dalam komposisi dan warna yang dikeluarkan. kami menankap karya ini menceritakan tentang trolley yang dapat menampung banyak hal. ini juga salah satu karya favorit kami.


Syahrul Amami
Tambalan , 2008
Photo dan video dokumentasi



Syifa Nur Afiffah
Kehidupan Bawah Air vs Jakartaku , 2008
Instalasi

Artoxic comment :
Menurut kami instalasi ini cukup baik dan mempunyai ide yang baik juga.


Tiavita Herdiana
Jakarta Street Looks , 2008
Instalasi Interaktif

Artoxic comment :
Poster ini juga cukup menyita pandangan kami, kami juga sempat memperhatikan satu-satu gambar yang ada. Maka dari itulah kami setuju bhwa ini instalasi Interaktif.


Ario Kiswinar Teguh
Trckr Cp vs Blngkn, 2007 , 2008
Akrilik diatas patung kertas, foto dokumentasi, interaktif
32 x 23 x 14.5 cm
32 x 23 x 16 c,




Armadan Kumudasmoro Somaaji
Bulgendong , 2008
Akrilik diatas kanvas
150x 100 cm

Artoxic comment :
menurut kami warna yang dipakai kurang ceria sehingga membuat kami malas memperhatikan gambar ini.




Daniel R. K Kampua
" Petjes" Identitas Hidupku , 2008
Fotografi
12.7 x 17.8 cm / 5R

Artoxic comment :
Menurut kami foto-foto yang dibuat terlalu kaku dan komposisinya terlalu biasa.


Gilang Merdeka
Magrudergrind , 2008
Poster , Kaos , Interaktif

Artoxic comment :
Menurut kami gambar yang dibuat keren dari segi warna dan idenya.. SERRAAMMM..!!!

Jeany Pebriyani
Figur Box , 2008
Box interaktif
170 x 61 cm

Artoxic comment :
Menurut kami bidang ini cukup interaktif dan mmbuat kita sempat membayangkan ekspresi dari muka-muka yang berada dalam figur box tesebut.



Karina Tungari
Freedom , 2008
akrilik diatas kanvas

Artoxic comment :
Menurut kami warna dalam gambar ini cukup menarik dan menunjukan kesan ceria.






Cukil Kayu untuk Seni Grafis
Seni Grafis Cukil
















Kemala Putri
All U Need is Laugh , 2008
Cat Air diatas kertas





Anastasia Cynthia ( Komunitas Ilustrator " MAROS" )
Dolanan, 2007
Akrilik diatas kanvas
50 x 60 cm








0 comments:

Newer Post Older Post Home